Kereta Cepat Jakarta-Bandung Diresmikan Mulai Agustus 2023

Kereta Cepat Jakarta Bandung (disingkat KCJB) beroperasi sebagai Jakarta-Bandung Express EMU (lit. KRL Ekspres Jakarta-Bandung) adalah sebuah layanan kereta api berkecepatan tinggi pertama di Indonesia dan Asia Tenggara. 

Kereta Cepat Jakarta Bandung
Gambar: YouTube @Senida Aditya

Kereta api ini memiliki kecepatan operasional hingga 350 km/h (217 mph) yang menghubungkan Tegalluar di Bandung, Jawa Barat dengan Halim di Jakarta Timur. 

Layanan kereta api berkecepatan tinggi ini dioperasikan oleh PT Kereta Cepat Indonesia China yang terdiri atas konsorsium PT Pilar Sinergi BUMN Indonesia dan China Railway International Company Limited melalui Beijing Yawan HSR Company Limited. Trase ini adalah fase pertama dari serangkaian jalur di sistem kereta api berkecepatan tinggi di Pulau Jawa.

Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung akan diresmikan pada 10 Agustus 2023 mendatang. Pemerintah memberikan kesempatan kepada masyarakat yang ingin mencoba kereta cepat secara gratis. 

Pemerintah akan menggratiskan tarif tiket Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) selama 3 bulan atau 90 hari terhitung sejak tanggal diresmikan. 

Hal ini disampaikan oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil melalui unggahan di media sosial Instagram. Ridwan Kamil memberikan bocoran syarat untuk mendapatkan tiket KCJB gratis, yaitu akan didahulukan untuk warga yang bertempat tinggal di daerah sekitar jalur rel KCJB. 

Sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku, apabila ingin mendapatkan tiket tersebut, masyarakat harus mendaftarkan diri secara online terlebih dahulu. Pendaftaran online ini akan dibuka pada awal Agustus 2023. Kemudian akan dilakukan ‘war’ untuk pembelian tiket Kereta Cepat Jakarta-Bandung. 

Syarat dan Ketentuan Tiket Gratis Kereta Cepat Jakarta-Bandung: 

  1. Diutamakan untuk Warga yang tinggal di sekitar proyek KCJB 
  2. Harus melakukan pendaftaran online yang dibuka pada awal Agustus 2023 
  3. Terbatas hanya untuk 600 orang selama 3 bulan, dari Agustus-Oktober 
  4. Masyarakat yang dapat mensosialisasikan kereta cepat seperti, media, influencer, pengamat, dan komunitas

Posting Komentar

0 Komentar