Cara Membuat Email Gmail Baru di HP Android (2023)

Cara Membuat/menambahkan Email baru Gmail di HP Android sangatlah mudah untuk Kamu yang ingin memiliki email dari Google untuk berbagai kebutuhan seperti daftar di berbagai situs/aplikasi seperti Instagram, Facebook, Tiktok, Tokopedia, Shopee dll yang ingin daftar tanpa menggunakan nomor HP.

Cara Membuat Email

Bahkan untuk yang serius bisnis secara online, memiliki email adalah sebuah keharusan. Berikut ini adalah informasi cara membuat email baru di HP Android dengan cara membuat/mi menambahkan akun baru.

Cara Membuat atau menambahkan Akun Google (termasuk Gmail, Playstore, Youtube dll) baru di HP Android

1. Buka HP Android kamu lalu klik Setting/Pengaturan, pilih Google, lalu akan terlihat akun Google yang sudah ada di HP, selanjutnya klik foto atau nama akun tersebut dan akan muncul popup, lalu klik Tambahkan akun lain.

Cara Membuat Email

2. Setelah itu akan di arahkan untuk login. Karena akan membuat akun baru, klik Buat Akun di kiri bawah layar HP lalu pilih untuk diri sendiri. Klik tombol Berikutnya, lalu diminta untuk mengisi Nama Depan dan Nama Belakang. Nama belakang opsional jadi tidak perlu diisi jika tidak ingin mengisinya. Klik lagi tombol Berikutnya dan isi/pilih informasi tentang tanggal, bulan, tahun kelahiran dan gender Kamu. Lalu klik lagi tombol Berikutnya.

Cara Membuat Email

3. Setelah itu akan dibawa ke halaman untuk membuat nama email Kamu. Ada saran otomatis untuk nama email kamu, atau bisa pilih opsi buat nama alamat email sesuai keinginan. Disini kemungkinan akan muncul kotak merah jika alamat email sudah digunakan orang lain. Gunakan nama yang unik, lebih panjang atau dipadukan dengan angka. Misalkan namasaya123. Catatan: Gmail tidak bisa menggunakan underscore (_) atau karakter seperti *,#,/ dll. Jika sudah selesai menentukan nama email dan tidak muncul erorr, klik tombol Berikutnya. 

Setelah itu akan diminta membuat Sandi/Password. Minimal 8 karakter dan usahakan jangan menggunakan perpaduan tanggal kelahiran atau kalimat yang mudah ditebak. Padukan dengan karakter khusus seperti * atau #. Contoh: nama#saya#168. Setelah itu klik tombol Berikutnya.

Cara Membuat Email

4. Setelah itu akan diarahkan ke halaman Syarat dan Ketentuan dari Google. Lalu klik tombol Ya, saya ikut. Di halaman selanjutnya akan ada tinjauan Nama dan alamat email kamu yang akan dibuat. Jika sudah sesuai, klik tombol Berikutnya. Akan muncul halaman Privasi dan Persyaratan, lalu klik tombol Saya setuju.

Cara Membuat Email

5. Dengan mengklik tombol sebelumnya, pembuatan akun Google sudah berhasil dan akan dibawa ke halaman setting/pengaturan Google seperti langkah pertama, dengan menginformasikan/menunjukan akun baru Kamu. Setelah itu keluar ke halaman beranda Hp lalu buka aplikasi Gmail. Dan selesai, akun Gmail kamu sudah bisa digunakan.

Cara Membuat Email

Info: Jika ingin mengubah gmail ke akun lainnya, klik thumbnal/icon di kanan atas, lalu muncul popup dan pilih akun yang mana yang akan digunakan sebagai default akun Google Kamu. Akun ini akan berlaku ke semua aplikasi google seperti Gmail, Playstore, Youtube dll.

Demikian tutorial cara membuat email di HP Android dengan membuat/menambahkan akun baru. Semoga bermanfaat.

Tonton Video Cara Membuat Email Gmail baru di HP Android

Posting Komentar

0 Komentar