Revitalisasi Situ di Bogor Tangkal Banjir

Kodam III/Siliwangi bersama Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan merevitalisasi tujuh situ di Kabupaten Bogor, Jawa Barat untuk menangkal banjir.

"Tahun ini kita kembangkan tujuh situ untuk mengembalikan fungsi situ tersebut, dimana situ semakin lama mendangkal. Padahal, situ adalah cadangan air bagi warga sekitar," ujar Panglima Kodam III/Siliwangi, Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto di Cibinong, Kabupaten Bogor, Senin (24/8) seperti dikutip dari Antara.

Menurut Nugroho, revitalisasi situ dilakukan agar fungsi situ sebagai sumber daya air dapat dimanfaatkan oleh warga sekitar. Terutama untuk mengantisipasi kekeringan air dari wilayah hulu hingga hilir.

Ia menyebutkan revitalisasi itu akan diwujudkan dalam bentuk penggalian situ hingga kedalaman tiga meter. Serta penanaman pohon di sekitar situ agar ada area resapan, serta pembibitan ikan demi keseimbangan ekosistem situ.

"Kita butuh waduk untuk pemanfaatan air yang diperlukan warga sekitar. Waduk-waduk kita kembalikan lagi fungsinya, sehingga bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk masyarakat setempat. Pelaksananya dari Kodim dan Korem," tutur Pangdam Siliwangi.

Meski tidak menyebutkan nama-nama situ secara rinci yang akan direvitalisasi, menurutnya, tiga di antaranya adalah Situ Tlajung Ilir Gunung Putri, Situ Cibuntu Cibinong dan Situ Cilala Kemang.

Pangdam Nugroho mengunjungi tiga situ di lokasi berbeda saat mengunjungi Bogor, yaitu Situ Tlajung Ilir di Desa Wanaherang, Kecamatan Gunung Putri, Situ Cibuntu di Kompleks Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Cibinong, dan Situ Cilala di Desa Jampang, Kecamatan Kemang.

Ia menegaskan jika ada situ yang pemanfaatannya tidak sesuai fungsi, harus dilakukan normalisasi agar sumber daya airnya bisa dimanfaatkan.

"Harus dikembalikan lagi, dinormalisasi. Kalau misalnya situ luasnya tiga hektare (ha) kemudian musim kemarau menjadi satu hektare, maka harus dinormalisasi kembali," tuturnya.

Pangdam Siliwangi mengajak masyarakat untuk merawat situ seiring rencana revitalisasi tujuh situ bersama BBWS Kementerian PUPR di Kabupaten Bogor, Jawa Barat. "Masyarakat diminta ikut merawat agar manfaat situ bisa dirasakan oleh masyarakat, karena ini kan penampungan air," ujar dia.

Pangdam Siliwangi meminta masyarakat dan pemerintah daerah setempat agar bersama-sama menjaga kelestarian situ dan lingkungan di sekelilingnya.

"Selain melakukan pendalaman, kita juga melepaskan puluhan kilogram benih ikan air tawar ke dalam situ tersebut dan penanaman bibit pohon," tuturnya.

Kodam III/Siliwangi bersama Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan merevitalisasi tujuh situ di Kabupaten Bogor, Jawa Barat demi menangkal banjir.

"Tahun ini kita kembangkan tujuh situ untuk mengembalikan fungsi situ tersebut. Situ semakin lama mendangkal. Padahal situ adalah cadangan air bagi warga sekitar," ujar Pangdam Siliwangi.

Menurut dia, revitalisasi situ dilakukan agar fungsi situ sebagai sumber daya air dapat dimanfaatkan oleh warga sekitar untuk mengantisipasi kekeringan air dari wilayah hulu hingga hilir.

Sumber: validnews.id

Posting Komentar

0 Komentar