Koperasi Simpan Pinjam di Cibinong

Jasa Pembuatan Website
Jika Anda memerlukan informasi tentang Koperasi Simpan Pinjam di Cibinong, Koperasi Kredit Sejahtera (KKS) adalah salah satu solusinya.

Sejarah Singkat KKS Cibinong


koperasi di cibinong
Koperasi Kredit Sejahtera (KKS) didirikan di Cibinong, Bogor, pada tanggal 5 Oktober 1972. Awal mula pendirian diprakarsai oleh 5 orang tokoh masyarakat Cibinong yang peka dan peduli pada keadaan sosial ekonomi masyarakat tingkat bawah pada saat itu dengan anggota awal 40 orang. Pemrakarsa KKS yaitu: Y. Hardja Purwadi, berprofesi pengusaha; Arman Pribadi, Bc.Hk. berprofesi pengusaha; Adib Sriyono, berprofesi anggota TNI AD (waktu itu ABRI); Sutisna, berprofesi anggota TNI AU (waktu itu AURI); C. Soetrisno, pensiunan tentara Hindia Belanda (KNIL).

Atas prakarsa beliau-beliau inilah pada tanggal 23 September 1975 KKS memperoleh Badan Hukum resmi dengan nomor 6262/BH/DK/10/9-75 dari Departemen Koperasi dengan nama Koperasi Kredit Sejahtera.

Awal mula pelayanan kepada anggota meminjam ruangan seluas 3×3 m2 di rumah salah satu Pengurus di simpang tiga Cibinong. Pelayanan anggota hanya terbatas pada hari Sabtu dan Minggu langsung ditangani oleh Pengurus. Tahun 1979-1988 menyewa ruangan depan kantor pos, sebelah kiri kantor yang sekarang dengan luas ruangan 3×5 m2. Pelayanan ditangani Bendahara, dibantu seorang karyawan honorer. Tahun 1988 memiliki tanah sendiri dan membangun gedung untuk kantor seluas 100 m2. Manajer dirangkap oleh Bendahara, dibantu oleh 3 orang staf. Saat itu jumlah anggota 9.965 orang, aset Rp 163 juta, pendapatan setahun Rp 32,8 juta.

Tahun 1996, KKS terpilih sebagai salah satu peserta dalam program Kopdit Model 2000 (CCA – Inkopdit) dari 24 Kopdit yang terbesar di 5 BK3D/ Puskopdit. Dari tahun 1998 sampai dengan 2012, secara bertahap membangun gedung dengan 3 lantai di atas tanah seluas 300 m2. Lantai satu digunakan untuk pelayanan setoran anggota, baik mengangsur pinjaman, maupun menabung, dan pencairan pinjaman. Lantai 2 digunakan untuk pengajuan pinjaman, pengolahan data keuangan & informasi, dan ruang Dewan Pimpinan. Lantai 3 digunakan untuk ruang rapat dan pelatihan.

Tanggal 19 November 2011, KKS membuka kantor cabang pertama di wilayah utara (KKS WITAR) di JL.Radar AURI Cisalak dengan menyewa ruangan berukuran 50 m2. Dasar pertimbangan dibukanya KKS WITAR adalah bahwa dari hasil pemetaan penyebaran anggota sampai dengan bulan Juni 2011, anggota KKS yang tinggal di daerah Cisalak dan sekitarnya berjumlah 1.629 orang. Dengan mendekati tempat tinggal anggota diharapkan terwujudnya pelayanan prima pada anggota.

Melihat perkembangan jumlah anggota di wilayah utara serta kenaikan harga tanah yang meningkat terus, Pengurus memutuskan untuk membeli rumah yang letaknya tidak jauh dari kantor yang disewakan, tepatnya di samping soto kwali. Meningkatnya harga tanah karena berkembangnya infrastruktur (seperti jalan tol, jaringan telepon, dan internet) diharapkan keputusan untuk membeli merupakan langkah terbaik untuk masa depan KKS WITAR. Peresmian kantor layanan Witar dilaksanakan sebulan sebelum sewa rumah habis, yaitu 29 September 2013.

Keputusan penting yang juga diambil oleh pengurus akhir tahun 2013 adalah pembukaan kantor pelayanan Wilayah Timur (WITIM). Pengurus membeli sebuah ruko 2 lantai di Jalan Anyar Indah No.5, Kp. Cikuda RT 31/ 14 Desa Bojong Nangka, Gunung Putri. Kantor pelayanan WITIM diresmikan pada 1 Desember 2013, dihadiri oleh bapak H. E. Supena S. (almarhum), tokoh Puskopdit Bogor Banten.

Kantor Wisel dibuka pada Oktober 2014. Menyewa ruko di Kedung Halang, tidak jauh dari lampu merah, sehingga akses bagi anggota yang menggunakan angkot dimudahkan.

Sumber: KKS Cibinong
Previous
Next Post »
Thanks for your comment