Antisipasi Beras Plastik, Tiga Menteri Kompak Sidak ke Pasar Cibinong

Jasa Pembuatan Website
Antisipasi Beras Plastik
Tiga menteri kabinet kerja Jokowi-JK secara serentak melakukan inspeksi menadak (sidak) ke toko beras di Pasar Cibinong, terkait mencuatnya temuan beras sintetis atau beras plastik di wilayah Bekasi, Jawa Barat, Rabu (20/5/2015).

Ketiga menteri tersebut adalah Menteri Pertanian Amran Sulaiman, Menteri Perdagangan Rachmat Gobel dan Menteri Koperasi dan UKM Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga.

Dalam sidaknya, ketiga menteri itu langsung berdialog kepada sejumlah pedagang beras di lokasi tersebut.

"Ada beras plastik?" ucap Menteri Perdagangan Rachmat Gobel, kepada seorang pedagang beras. "Nggak ada pak," kata pedagang itu. "Jangan diterima kalau ada yang menawarkan ya," timpal Rachmat.

Sementara itu, Menteri Pertanian Amran Sulaiman kepada sejumlah wartawan mengatakan, sidak kali ini untuk mengetahui jumlah pasokan persediaan beras dan harga eceran menjelang bulan puasa. Ia pun menjamin ketersediaan beras hingga Hari Raya Lebaran 2015 aman.

"Kita melakukan pengecekan langsung ke pasar-pasar. Sejauh ini, harga beras di pasar masih aman dan insya Allah dapat memenuhi kebutuhan selama bulan puasa hingga Lebaran," kata Amran.

Amran juga menyampaikan, harga beras yang dijual di pasaran berada di bawah Harga Pembelian Pemerintah (HPP), yaitu Rp 7.300 per kilogram. Sedangkan para pedagang menjualnya Rp 7.200 per kilogram.

"Artinya, ini menandakan jika produksi beras meningkat," paparnya.

Seusai melakukan sidak ke Pasar Cibinong, ketiga menteri itu menyempatkan beli empat karung beras di pasar tersebut.

Sumber: Kompas
Previous
Next Post »
Thanks for your comment